Gayatri Wailissa Sang Gadis Luar Biasa

Gayatri Wailissa, seorang gadis cerdas yang diberikan kemampuan ajaib dalam penguasaan bahasa, harus menghembuskan nafas terakhirnya di sebuah rumah sakit di Jakarta Pusat. Dia adalah seorang seorang remaja putri dari Ambon yang benar-benar istimewa, karena kemapuannnya menguasai 14 bahasa asing di usia yang masih terbilang muda. Putri dari pasangan Deddy Darwis Wailissa dan Nurul Idawati ini meninggal karena mengalami pendarahan di otak setelah jatuh pingsan saat berolahraga di kawasan senopati Jakarta.Di usianya yang masih belia ini dia berhasil menguasai bahasa Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Mandarin, Arab, Jerman, Perancis, Korea, Jepang, India, Rusia dan Tagalog.

Kemampuan linguistiknya tersebut diperoleh secara otodidak di tengah keterbatasan finansial. Orang tua Gayatri yang tidak mempunyai cukup banyak uang untuk memanjakan kemampuan linguistik, keterampilan dan kemampuannya berolah kesenian seperti baca puisi, teater, drama, memainkan biola maupun kemampuan menulis buah hatinya. Akan tetapi, keterbatasan hidup tidak lantas membuat Gayatri patah semangat atau menyerah kepada nasib.

Gayatri mulai di kenal dunia luar saat dia berhasil masuk seleksi duta anak tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Ia behasil melewati ujian seleksi kemampuan intelektual dan kepribadian dengan sempurna sehingga mewakili Indonesia menjadi Duta Asean untuk anak pada tahun 2012-2013.

Dari seleksi itu akhirnya Gayatri mengikuti “Convention on the Right of the Child” atau “Konvensi untuk Hak-Hak Anak” di Thailand. Dalam forum internasional ini Gayatri menunjukkan kemampuan fenomenalnya yang menguasai 11 bahasa asing. Tidak aneh Gayatri mendapat julukan Doktor karena kemampuannya yang tidak ada tandingannya. Nama Indonesia menjadi harum di mata dunia melalui seorang remaja putri yang ceria bernama Gayatri Wailissa.

Kini Gayatri Wailissa, seorang gadis Ambon yang luar bias telah tiada. Meninggalkan berjuta inspirasi untuk kita sebagai anak bangsa yang seharusnya bisa menjadi lebih baik walaupun dalam keadaan tak mampu sekalipun, hal tersebut bukanlah alasan untuk menjadikan kita sebagai anak bangsa yang pemalas yang tak pernah mau berusaha.

Semoga sepenggal kisah dari seorang gadis luar biasa bernama Gayatri Wailissa ini dapat memberikan inspirasi untuk kita, agar lebih baik.

Post a Comment