Robotic STMIK Amikom Yogyakarta


Robotic STMIK Amikom Yogyakarta

 GrupRobot.com- INAICTA merupakan ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK terbesar di Indonesia sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku TIK di seluruh tanah air. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-6, INAICTA diselenggarakan untuk mendorong terus berkembangnya produk-produk TIK lokal bersamaan dengan peningkatan kualitasnya. Untuk sampai menjadi finalis, setiap peserta harus mengikuti seleksi atau penjurian yang dilakukan oleh pakar-pakar di bidangnya untuk dipilih 8 finalis atau nominator yang akan maju ke Grand Final INAICTA.
Satu di antaranya Robot kecil berkaki enam disebut hexapod. Ini adalah karya mahasiswa jurusan ilmu komputer dan elektronika Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dua tim mahasiswa dari Program Studi Elektronika dan Instrumentasi, Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika (JIKE) UGM berhasil menjadi finalis atau nominator pada ajang Indonesian ICT Awards (INAICTA) 2012 kategori Application Robot – Perguruan Tinggi dan Umum. Pada ajang tersebut, kedua tim mengirimkan aplikasi Robot, Robo Rescue untuk Bencana Alam dan Hexapod Robot with Human Brain Controller for Disability Children. Robot tersebut terbilang unik karena dikendalikan bukan dengan perintah suara atau tekanan tombol. Robot dikendalikan dengan perubahan gelombang otak. Anak-anak muda perancang robot ini melihat suatu saat teknologi Robot seperti ini akan sangat bermanfaat di dunia medis.
Ada juga Robot Ronist atau Friendly Receiptionist Robot For Open Exhibition dari kawan-kawan kita di Universitas Indonesia.  Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta juga kembali menorehkan prestasi dalam INAICTA 2012. Dari 17 kategori yang dilombakan, AMIKOM berhasil meraih dua kategori, yakni e-learning dan animation. Dalam pelaksanaan sebelumnya, AMIKOM hanya memenangkan satu kategori. “AMIKOM menjadi pemenang dalam kategori e-learning, lewat karya integrated university dan kategori animation dengan karya 2D Battle of Surabaya,”. Selama keikutsertaannya, AMIKOM selalu mendapatkan nominasi dan memenangkan salah satu kategori.
Ada 17 kategori yang akan dilombakan di INAICTA 2012, di antaranya e-learninganimation, Robot aplikatif, digital entertainment, dan bisnis digital. Ketua Komunitas Robot Indonesia Adiatmo Rahardi mengatakan ”Saat ini industri teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi salah satu keunggulan yang kompetitif dalam bersaing bagi suatu negara. Jadi, tidak heran bila saat ini hal tersebut mulai dikembangkan” jelas beliau saat diwawancara Tren Tekno Metro TV.
Malam puncak penghargaan Indonesia ICT Award (INAICTA) 2012 berlangsung meriah dan dihadiri ratusan undangan di Aula Cenderawasih, Jakarta Convention Center, Senayan. Dalam pergelaran ini diumumkan 17 pemenang yang dianggap sebagai bakat-bakat bidang teknologi informasi tanah air. Acara yang dipandu pembawa acara Steny Agustaf dan Melani Putria itu berlangsung sejak pukul 19.30 dibuka oleh sambutan Ketua Panitia INAICTA  A. Haryawirasma. Dia menilai banyak karya mewakili tema tahun ini yaitu “creativity breaktrough”.


Lanjutkan berkarya STMIK Amikom Yogyakarta :D

Post a Comment